Pemerintah mendorong para guru pendidikan anak usia dini (PAUD) di desa melalui Program Generasi Cerdas Desa (GCD).
Pendidik yang berkompetensi diharapkan bakal mencetak peserta didik dengan perkembangan dan pertumbuhannya yang lebih baik. Adapun sasaran pendidiknya adalah guru kelompok bermain (KB), taman penitipan anak (TPA), satuan PAUD sejenis (SPS), dan taman kanak-kanak (TK).
Program Generasi Cerdas Desa digagas oleh Direktorat Pembinaan GTK PAUD dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Direktorat Pelayanan Sosial Dasar Kementerian Desa (Kemendes), dan Bank Dunia.
Melalui program itu, pelayanan dasar pendidikan anak usia dini didukung dengan memanfaatkan dana desa. Lokasi program PAUD GCD tersebar di 25 kabupaten, 252 kecamatan, dan 2.735 desa.
“Ketiga pihak yang terlibat di dalam program PAUD GCD menyepakati peran yang harus dilakukan oleh masing-masing pihak sesuai dengan kapasitasnya,” kata Direktur Pembinaan GTK PAUD dan Dikmas Abdoellah saat meninjau Pendidikan dan Pelatihan Berjenjang Tingkat Dasar ke salah satu PAUD Generasi Cerdas Desa di Kabupaten Lombok Barat, tepatnya di SKB Kecamatan Gunungsari, Kamis (19/11/2017).
Kemendikbud berperan antara lain di dalam pendidikan dan pelatihan (diklat), kurikulum diklat, penyediaan bahan ajar, dan penyediaan training of trainer (TOT)/pelatihan calon pelatih (PCP).
Kemendes berperan di dalam mengorganisasikan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang membidangi pemerintahan desa, terkait peningkatan kompetensi pendidik PAUD di desa.
Sementara, Bank Dunia berperan dalam mengkoordinasikan, melaksanakan, dan membiayai pekerjaan peningkatan kompetensi pendidik PAUD.
Peserta diklat di Lombok Barat sebanyak 48 orang guru PAUD, 2 orang di antaranya laki-laki. Peserta merupakan utusan dari desa-desa yang ada di Kabupaten Lombok Barat. Satu desa rata-rata mengirimkan 1-3 orang guru yang berasal dari lembaga PAUD yang berbeda-beda.
Abdoellah hadir guna memastikan Diklat Berjenjang Tingkat Dasar di Kabupaten Lombok Barat tepat sasaran. Dalam upaya meningkatkan mutu dan kompetensi guru PAUD dalam membangun PAUD desa yang berkualitas, ia menggali respon peserta diklat selama pelatihan.
Sejumlah peserta menyampaikan kesan positif atas apa yang sudah mereka ikuti selama diklat. Banyaknya praktik membuat para guru lebih mudah memahami materi yang diberikan, tak seperti diklat lainnya.
“Tidak sedikit dari peserta tersadar bahwa selama ini ada kesalahan mengajar. Melalui pelatihan ini, peserta merasa lebih percaya diri dan mampu membuat alat peraga edukatif dari bahan yang ada di sekitarnya,” katanya.
Dasar pembentukan karakter anak bangsa
Abdoellah menegaskan, usia dini merupakan usia emas karena saat itulah anak bertumbuh kembang secara optimal. Pada masa itu, peran orangtua dan guru PAUD sangat vital dalam merangsang tumbuh kembang anak.
“Setiap rangsangan yang diberikan saat usia dini akan menyambungkan jutaan sel-sel saraf yang ada di otak anak. Sinaps-sinaps akan terjalin sehingga anak akan lebih cerdas dan mampu berbuat lebih baik seiring bertambahnya usia mereka hingga dewasanya. Sebaliknya, jalinan sinaps akan putus setiap kali anak anak mendapat bentakan, celaan dan sejenisnya,” ujarnya.
Profesi guru PAUD, ia melanjutkan, sangat penting dalam menyiapkan masa depan bangsa. Demi menjaga kualitas pengajaran, guru perlu mengembangkan kompetensinya. Dengan begitu, guru akan mampu mengarahkan anak didik sesuai dengan tumbuh kembangnya.
“Selain itu, kegiatan parenthing mesti dilakukan sekali sebulan,” katanya.
Ia berharap kegiatan tersebut bakal mempererat relasi dan komunikasi pendidik dengan orangtua. Dengan demikian, proses mendidik anak bakal lebih optimal.
Orangtua atau wali murid bisa mendapatkan kesempatan belajar dan mengetahui hal-hal yang penting, seperti tahapan-tahapan perkembangan anak, komunikasi efektif, serta kesehatan dan gizi.
“Hal tersebut penting sebagai upaya meminimalkan salah asuh yang berdampak pada tumbuh kembang anak,” tuturnya.
Usai pendidikan dan pelatihan, ia meminta para guru untuk tetap menjaga semangat belajar, menggali kemampuan untuk bisa menyelesaikan persoalanan melalui kegiatan di gugus terdekat.
“Dan yang utama, guru harus mampu membuat anak senang di sekolah,” katanya.
0 komentar:
Posting Komentar